Desa Nanggela Kecamatan Mandirancan Kabupaten Kuningan adalah salah satu desa di yang terletak di sebelah utara Kabupaten Kuningan tepatnya di Perbatasan antara Kabupaten Cirebon (Desa Sidawangi dan Desa Matangaji) dan Kabupaten Kuningan (Desa Nanggela).

Sebagai desa yang terletak di wilayah perbatasan, desa Nanggela memiliki peranan penting bagi Kabupaten Kuningan dikarenakan desa Nanggela adalah gambaran tentang Kuningan yang pertama terlihat oleh orang-orang yang akan masuk ke wilayah kabupaten Kuningan, khususnya dari jalur Sumber-Mandirancan yang merupakan jalan Propinsi yang selalu padat sebagai jalur transportasi dan wisata
Batas Wilayah
1.        Sebelah Utara       :           Desa Sidawangi (Kab Cirebon)
2.       
Sebelah Selatan    :           Desa Mandirancan
3.       
Sebelah Barat       :           Desa Matangaji (Kab Cirebon)
4.    Sebelah Timur       :           Desa Mekarjaya


Jalan Sumber-Mandirancan adalah jalur Propinsi yang cukup ramai lalu lintasnya dilewati oleh orang-orang baik dari kabupaten Kuningan maupun dari luar kabupaten Kuningan.
Dikarenakan jalur ini adalah jalur untuk menuju obyek wisata yang ada di kabupaten Kuningan dan jalur untuk menuju ke RS. Paru Jawa Barat yang pasiennya banyak berasal dari luar Kabupaten Kuningan

Jadi wajib kiranya jika Pemerintah Kabupaten Kuningan selalu berupaya untuk 'mempercantik' Nanggela sebagai desa di perbatasan yang mewakili wajah Kuningan yang pertama terlihat bagi pendatang.

Komentar :

0 comments: