15 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli Lengkap – Manusia
sejak lahir ke dunia sudah mendapatkan pendidikan hingga ia masuk ke
bangku sekolah. kata pendidikan sudah tidak asing lagi ditelinga, karena
semua manusia yang hidup pasti membutuhkan pendidikan, agar tujuan
hidupnya tercapai dan dapat menghilangkan kebodohan. Menurut KBBI kata
pendidikan secara berasal dari kata “didik” dengan mendapatkan imbuhan
“pe” dan akhiran “an”, yang berarti cara, proses atau perbuatan
mendidik.
Kata pendidikan secara bahasa berasal dari kata
“pedagogi” yakni “paid” yang berarti anak dan “agogos” yang berarti
membimbing, jadi pedagogi adalah ilmu dalam membimbing anak. Sedangkan
secara istilah definisi pendidikan ialah suatu proses pengubahan sikap
dan prilaku seseorang atau kelompok dalam usaha mendewasakan manusia
atau peserta didik melalui upaya pengajaran dan pelatihan.
Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli
Adapun pengertian-pengertian atau definisi pendidikan menurut pakar dibidangnya antara lain:
1. Prof. H. Mahmud Yunus: Yang dimaksud pendidikan
ialah suatu usaha yang dengan sengaja dipilih untuk mempengaruhi dan
membantu anak yang bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan,
jasmani dan akhlak sehingga secara perlahan bisa mengantarkan anak
kepada tujuan dan cita-citanya yang paling tinggi. Agar memperoleh
kehidupan yang bahagia dan apa yang dilakukanya dapat bermanfaat bagi
dirinya sendiri, masyarakat, bangsa, negara dan agamanya.
2. Prof. Dr. John Dewey: Menurutnya pendidikan
merupakan suatu proses pengalaman. Karena kehidupan merupakan
pertumbuhan, maka pendidikan berarti membantu pertumbuhan batin manusia
tanpa dibatasi oleh usia. Proses pertumbuhan adalah proses penyesuaian
pada setiap fase dan menambah kecakapan dalam perkembangan seseorang
melalui pendidikan.
3. M.J. Langeveld: Pendidikan merupakan upaya
dalam membimbing manusia yang belum dewasa kearah kedewasaan. Pendidikan
adalah suatu usaha dalam menolong anak untuk melakukan tugas-tugas
hidupnya, agar mandiri dan bertanggung jawab secara susila. Pendidikan
juga diartikan sebagai usaha untuk mencapai penentuan diri dan tanggung
jawab.
4. Prof. Herman H. Horn: Beliau berpendapat
bahwa pendidikan adalah suatu proses dari penyesuaian lebih tinggi bagi
makhluk yang telah berkembang secara fisik dan mental yang bebas dan
sadar kepada Tuhan seperti termanifestasikan dalam alam sekitar,
intelektual, emosional dan kemauan dari manusia.
5. Driyarkara: Pendidikan diartikan sebagai suatu upaya dalam memanusiakan manusia muda atau pengangkatan manusia muda ke taraf yang insani.
6. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI):
Pendidikan yaitu sebuah proses pembelajaran bagi setiap individu untuk
mencapai pengetahuan dan pemahaman yang lebih tinggi mengenai obyek
tertentu dan spesifik. Pengetahuan yang diperoleh secara formal tersebut
berakibat pada setiap individu yaitu memiliki pola pikir, perilaku dan
akhlak yang sesuai dengan pendidikan yang diperolehnya.
7. Ki Hajar Dewantara: Menurutnya pendidikan adalah
suatu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak. Maksudnya ialah bahwa
pendidikan menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada peserta didik
agar sebagai manusia dan anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan
dan kebahagiaan hidup yang setinggi-tingginya.
8. Stella van Petten Henderson: Pendidikan yaitu suatu kombinasai dari pertumbuhan dan perkembangan insani dengan warisan sosial.
9. Kohnstamm dan Gunning: Pendidikan merupakan suatu
pembentukan hati nurani manusia, yakni pendidikan ialah suatu proses
pembentukan dan penentuan diri secara etis yang sesuai dengan hati
nurani.
10. Horne: Menyatakan bahwa pendidikan adalah proses
yang dilakukan secara terus menerus dari penyesuaian yang lebih tinggi
bagi manusia yang telah berkembang secara fisik dan mentalnya.
11. Frederick J. Mc Donald: mengemukakan pendapatnya
bahwa pendidikan ialah suatu proses yang arah tujuannya adalah merubah
tabiat manusia atau peserta didik.
12. Ahmad D. Marimba: Mengemukakan bahwa pendidikan
ialah suatu proses bimbingan yang dilaksanakan secara sadar oleh
pendidik terhadap suatu proses perkembangan jasmani dan rohani peserta
didik, yang tujuannya agar kepribadian peserta didik terbetuk dengan
sangat unggul. Kepribadian yang dimaksud ini bermakna cukup dalam yaitu
pribadi yang tidak hanya pintar, pandai secara akademis saja, akan
tetapi baik juga secara karakter.
13. Carter V. Good: Mengartikan pendidikan sebagai
suatu proses perkembangan kecakapan seseorang dalam bentuk sikap dan
prilaku yang berlaku dalam masyarakat. Proses dimana seseorang
dipengaruhi oleh lingkungan yang terpimpin khususnya didalam lingkungan
sekolah sehingga dapat mencapai kecakapan sosial dan dapat mengembangkan
kepribadiannya.
14. Ensiklopedi Pendidikan Indonesia: Menjelaskan
mengenai pendidikan, yaitu sebagai proses membimbing manusia atau anak
didik dari kegelapan, ketidaktahuan, kebodohan, dan kecerdasan
pengetahuan.
15. UU SISDIKNAS No.20 tahun 2003: Pendidikan
merupakan suatu usaha yang dilakukan secara sadar dan terencana untuk
mewujudkan suasana dan proses pembelajaran agar peserta didik secara
aktif mampu mengembangkan potensi yang ada didalam dirinya untuk
memiliki kekuatan spiritual keagamaan, kepribadian yang
baik, pengendalian diri, berakhlak mulia, kecerdasan,dan keterampilan
yang diperlukan oleh dirinya dan masyarakat.
Dari beberapa pengertian tersebut tentang definisi pendidikan, maka
dapat disimpulkan bahwa pendidikan ialah bimbingan yang diberikan kepada
anak dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya untuk mencapai tingkat
kedewasaan dan bertjuan untuk menambah ilmu pengetahuan, membentuk
karakter diri, dan mengarahkan anak untuk menjadi pribadi yang lebih
baik. Pendidikan juga bisa diartikan sebagai usaha sadar yang bertujuan
untuk menyiapkan peserta didik dalam belajar melalui suatu kegiatan
pengajaran, bimbingan dan latihan demi peranannya dimasa yang akan
datang.
Demikian sedikit ulasan mengenai 15 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli Lengkap, semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi para pembaca, terimakasih
Sumber : http://www.seputarpengetahuan.com
Komentar :
0 comments: