Di usia senja, siapapun diantara kita pasti menginginkan untuk istirahat dan menghabiskan sisa hidupnya dengan berkumpul bersama keluarga, tidak bekerja lagi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tetapi dalam kenyataannya, banyak diantara kita yang mesti terus bekerja di usianya yang renta, demi menyambung hidupnya setiap hari.


Salah satunya adalah Nenek Tumirah, Nenek Renta ini masih semangat untuk mencari nafkah dengan berjualan kopi, rokok dan beberapa makanan kecil di pertigaan jalan baru tepatnya pertigaan antara Gunung Keling dan Terminal Cirendang.


"Saya tinggal di sana Pak, bersama cucu-cucu saya" Nenek Tumirah menjelaskan tempat tinggalnya sambil menunjuk gang di depan gerobak jualannya.

Usia sepertinya bukan menjadi alasan untuk tidak bekerja bagi nenek satu ini. Walau tampak jelas beban hidup yang dialami terlihat dari raut wajah sang nenek, tapi selama ngobrol tidak sedikitpun keluar keluhan yang ada hanya ketegaran yang luar biasa dalam menjalani hidup dari seorang nenek yang bernama Tumirah.


"Saya punya anak 8, tapi meninggal 3. Jadi anak saya berjumlah 5" Cerita nenek sambil menyeduh Kopi kebetulan ada pembeli yang datang.

"Ya mau gimana lagi, saya masih suka makan sama jajan. Jadi saya mesti bekerja biar punya penghasilan" lanjut nenek Tumirah


"Anak-anak saya semuanya tinggal di Jakarta, yang 4 orang masih sering nengok. Kalau yang satu sudah 5 tahun saya ga ketemu, dia katanya tinggal di Cegkareng" nenek Tumirah melanjutkan cerita

"Yang satu tuh anak saya yang paling sukses, mungkin suatu saat di Pulang. Jujur saya kangen Pak sama dia" setegar-tegarnya seorang nenek, mata nenek Tumirah tetap berkaca-kaca ketika mengakhiri ceritanya.

KETIKA ANDA MENJADI TUA, ANDA PASTI MENGINGINKAN SESEORANG UNTUK MERAWAT ANDA-KHUSUSNYA ANAK-ANAK ANDA (Bengpri-Klikkuningan.com)

Komentar :

0 comments: