Di Kabupaten Kuningan-Jawa Barat terdapat juga kesenian Karinding yang hampir dilupakan oleh para pelaku kesenian buhun. Bertempat di daerah yang sangat terpencil yaitu di Desa Legok Herang Kecamatan Cilebak – Kab.Kuningan. Didaerah ini karinding sudah ada sejak tahun 1950an bahan yang di gunakan dari dulu sampai sekarang menggunakan pelepah aren / kawung,para pengrajin di desa tersebut tidak membuat karinding dari bahan bambu. 

Untuk pengrajin karinding kawung Desa Legok Herang biasanya dibuat oleh ki Dirman tetapi sekarang sudah jarang membuat karinding kawung, karena keterbatasan bahan dan umur ki dirman yang sudah tidak muda lagi. Sedangkan para pemain / seniman karinding generasi pertama yang masih hidup atau ada yaitu Aki Sulki dan Aki Bendi. Dan ada juga anaknya Aki Bendi yaitu kang Rudi yang suka membuat karinding kawung dan suka memainkan bersama ayahnya aki Bendi. Karinding Kawung Desa Legok Herang pada jaman dahulu biasanya digunakan untuk upacara adat, pesta dadung (kesenian asli desa Cilebak), mencari pasangan dan lain-lain.

Nada yang di pakai atau pirigan khas Legokherang yaitu : Cis kacang buncis, Kunang-kunang mawur, Tongeretan, Banjaran, Rereog

Baru sebagian pirigan atau nada yang masih diingat. Lalu cara memainkannya pun unik. Kenapa unik, karena dalam memainkannya ada yang di gigit yaitu bagian pegangan tangan (bagian ujung yang biasanya di pegang dengan tangan) ini ujung pegangan di ganti dengan cara menggigit.

Cara memainkan karinding kawung ala Cilebak–Legokherang yang ujung nya di gigit Sosok atau para pelaku pertama yang memainkan yaitu : 
1. Aki Bendi (Almarhum)
2. Aki Sulki
3. Kang Dirman (pengrajin tapi sudah tidak produksi lagi)
4. Kang Rudi ( Putra dari aki Bendi)

Foto diatas diambil pada tanggal 26 Februari 2014 dalam rangka proses wawancara mengenai Karinding asli daerah Kuningan, khusus daerah Desa Legokherang Kecamatan Cilebak Kabupaten Kuningan. Ini dilakukan untuk bahan tentang Buku yang akan di garap oleh Kimung (eks.pemain Karinding Attack) yang berjudul SEJARAH KARINDING PRIANGAN. Namun pada bulan Februari 2017 sosok pemain karinding yaitu Aki Bendi Meninggal Dunia. Sampai sekarang Karinding legokherang sudah jarang dikenal oleh masyarakat umum. 


Senja Merah - Kuda Awi Saung Indung 2015

Komentar :

0 comments: