Didorong rasa kepedulian untuk mengambil peran dan berkontribusi dalam upaya memberikan solusi terkait penanganan pasien dengan gangguan psikiatri, Kamis (18-10-2018) RS El Syifa Kuningan secara resmi membuka Pelayanan Psikiatri di RSU El Syifa.

Tentunya hal ini sangat menggembirakan, karena selama ini belum ada Rumah Sakit Swasta di Kuningan yang memiliki Pelayanan Psikiatri, sehingga dengan dibukanya Pelayanan Psikiatri di RSU El Syifa ini, masyarakat Kuningan dan sekitarnya yang memiliki anggota keluarga dengan kategori Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dapat lebih dekat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Saat memberikan sambutan, Direkur RS El Syifa dr. Supardi menjelaskan bahwa berdasarkan data aktual dari Jaring Pengaman Ummat (JPU), didapatkan masih ada kasus pasien dengan gangguan jiwa yang dipasung oleh keluarganya.

“Setelah konsultasi dengan Dinas Kesehatan terkait keinginan untuk membuka pelayanan ranap dan rawat jalan pasien psikiatri. Kami mendapatkan support , arahan dan saran-saran secara teknis yang sangat luar biasa, selanjutnya kami mengupayakan untuk keberadaan dokter spesialis khusus jiwa” Kata dr Supardi

Setelah mendapatkan dukungan dan saran teknis dari Dinas Kesehatan, RSU El Syifa kemudian mempersiapkan ruangan yang akan digunakan untuk pelayanan pasien psikiatri dengan beberapa persiapan mulai dari pemasangan teralis, sampai memasang perangkat CCTV dan penunjang lainnya. 


Sementara itu Bupati Kuningan dalam sambutannya yang diwakili oleh Sekretaris Dinas, dr. Hj. Susi Lusianti, MM mengungkapkan apresiasi dan rasa terimakasih kepada pihak managemen RS El Syifa yang telah dapat membuka pelayanan kesehatan khususnya untuk pasien jiwa/psikiatri. Bupati menjelaskan bahwa kesehatan jiwa adalah amanat dari Undang-Undang No. 18 tentang Kesehatan Jiwa.

Mewakili Bupati, Sekretaris Dinas Kesehatan dr. Hj. Susi Lusianti, MM seusai membacakan sambutan tertulis Bupati Kuningan meresmikan Pelayanan Psikiatri di RSU El Syifa. Usai pemotongan tumpeng secara simbolis, seluruh undangan yang hadir diajak untuk melihat-lihat Ruangan Pelayanan Psikiatri.

Saat diwawancara, dr. Hj. Susi Lusianti, MM mengucapkan selamat kepada RSU El Syifa, sebagai Rumah Sakit yang pertama di Kuningan yang membuka Pelayanan untuk Pasien Psikiatri.

“Tentunya Dinas Kesehatan bersama Pemerintah akan selalu mendukung dan bekerja sama sebaik-baiknya dengan RSU El Syifa agar lebih dapat meningkatkan lagi pelayanan kesehatan kepada Pasien ODGJ khususnya yang berasal dari Kuningan” Lanjut Susi

‘Ke depannya kita akan mendorong agar Rumah Sakit lainnya di kabupaten Kuningan untuk membuka Pelayanan Psikiatri seperti yang sudah dilakukan oleh RSU El Syifa ini” Pungkas Ibu Sekertaris Dinas Kesehatan ini. (Beng)

Komentar :

0 comments: