Eco Pesantren berasal dari kata Eco dan Pesantren. Eco diambil dari kata Ecologi yang mempunyai arti lingkungan hidup. Sedangkan Pesantren diartikan sebagai lembaga pendidikan yang mengajarkan ilmu-ilmu agama, khususnya ilmu tentang keislaman. Maka Eco Pesantren mempunyai definisi sebagai lembaga pendidikan Islam yang mempunyai kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Pondok Pesantren Daarul Mukhlishin yang secara geografis terletak di ketinggian 1.100 mdpl dengan dipenuhi rimbunnya pepohonan, dari dulu terkenal peduli akan lingkungan hidup dan maksud dari Program Eco Pesantren adalah agar warga pondok pesantren dapat lebih menumbuhkan dan meningkatkan kepedulian terhadap permasalahan lingkungan

Untuk mendorong peningkatan pengetahuan, ketaatan dan kesadaran santri pondok pesantren dalam upaya pelestarian lingkungan hidup berdasarkan  ajaran islam, Porgram Eco-Pesantren sebagai salah satu program yang melibatkan warga pondok pesantern berperan aktif dalam kegiatan mewujudkan lingkungan bersih dan sehat di Pondok Pesantren Daarul Mukhlishin.

Para santri diajarkan  untuk belajar secara aktif dan terintegrasi tentang tata cara mengelola sampah yang ada di lingkungan pesantren sekaligus mendapatkan manfaat positif dari sampah melalui sistem bank sampah.



Dalam Program ini para santri akan mendapatkan pembinaan & pendampingan, pembentukan bank sampah, pengembangan sistem pengumpulan sampah, pelatihan & pembuatan materi komunikasi dan terintegrasi dengan tata cara mengelola sampah & lingkungan yang lainnya seperti: Komposting, Biopori, Daur Ulang & Urban Farming.

Komentar :

0 comments: