Kata wawasan berasal dari bahasa Jawa yaitu mawas yang artinya melihat atau memandang, jadi kata wawasan dapat diartikan cara pandang atau cara melihat.Wawasan Kebangsaan adalah cara pandang mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan dan sikap bangsa Indonesia diri dan lingkungannya, dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 


Wawasan Kebangsaan atau Wawasan Nasional Indonesia adalah merupakan sebuah pedoman yang masih bersifat filosofia normatif. Sebagai perwujudan dari rasa dan semangat kebangsaan yang melahirkan bangsa Indonesia. Akan tetapi situasi dan suasana lingkungan yang terus berubah sejalan dengan proses perkembangan kehidupan bangsa dari waktu ke waktu. Wawasan Kebangsaan atau Wawasan Nasional Indonesia harus senantiasa dapat menyesuaikan diri dengan perkembagan dan berbagai bentuk implementasinya.

Mengingat pentingnya wawasan kebangsaan khususnya bagi generasi muda,  Kodim 0615/Kuningan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan menggelar latihan wawasan kebangsaan bagi siswa SMP yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Prima Resort desa Panawuan Kecamatan Cigandamekar. Dengan tema "Melalui latihan wawasan kebangsaan kita ciptakan generasi muda penerus bangsa yang berjiwa luhur dan cinta tanah air". Kegiatan ini akan diadakan dari tanggal 17-19 Maret 2017.

Kegiatan ini berlangsung diikuti oleh sekitar 300 anak SMP dan bertindak sebagai komandan Latihan Kapten Arh Maryanto (Danramil 1510/Cilimus). Kegiatan pelatihan ini melibatkan pembina anggota Kodim 0615 /Kng sebanyak 20 orang

Adapun rangkaian kegiatan hari Sabtu tanggal 18 Maret 2017 :
- Pukul 09.15 s.d 10.15 wib pemberian materi wawasan kebangsaan oleh Kapten Arh Dulkadir (Pasi Log)
- Pukul 10.15 s.d 11.45 wib pemberian materi bahaya penyalahgunaan Narkoba oleh Lettu Arm Esa Advanisa (Pasi Intel)

- Pukul 13. 00 s.d 14.00 wib pemberian materi Pancasila oleh Kapten Arh Mulyadi (Danramil 1505/Cwr)
Saat berita ini diturunkan, sedang berlangsung materi Outbond yang diisi oleh para Pembina


Semoga dengan diadakan latihan wawasan kebangsaan ini, tujuan yang menjadi tema kegiatan ini dapat tercapai yaitu menciptakan generasi muda penerus bangsa yang berjiwa luhur dan cinta tanah air. (beng)

Komentar :

0 comments: